Friday, September 25, 2009

Sayonara bag 3

“Cie....yang besok tambah tua....” ledek Gista begitu masuk ke kamar kakaknya.

Ardan yang lagi asik nonton tv langsung menoleh kaget. Kemudian gadis kecil itu duduk di sebelah Ardan dengan posisi bersila.

“Gimana? Udah mau 19 tahun masa belum punya cewek juga? Apa mau sama Kak Rianda?”

“Rianda diharepin. Tuh anak udah sibuk ama urusannya, jadi udah lupa sama gue.”

“Mas, berarti pendapatku bener donk, kalo Mas sama Kak Rian udah pisah?”

Ardan melirik Gista. “Denger ya anak SMP....Gue itu sama Rian temenan. Kalo pisah berarti orang itu pernah pacaran. Gue kan sama sekali nggak punya hubungan lebih sama Rianda. Cuma temen. Tau kan?! Sahabat....sahabat....Dan sahabat itu nggak mungkin bisa dipisahin segampang itu.”

“Terus buat nemenin Mas pas ulang tahun besok siapa donk?”

“Ng.....elo aja deh, mau nggak? Ntar dapet first cake dari gue.”

“Ogah. Aku maunya dapet first cake dari gebetan aku.”

“Masih kecil udah suka-sukaan. Lagian first cake dari mana wong kue tartnya aja nggak akan dibeli. Emang pernah gue ultah dirayain?”

Gista mencibir.

“Tapi......” ujar Ardan mulai keliatan seriusnya. “Gue sebenernya baru aja nembak cewek.”

“Beneran Mas? Terus gimana? Diterima nggak?”

“Diterima donk, Ardan...”

“Norak. Kalo gitu kenalin cewek Mas ke aku donk.....aku jadi pengen juga nih punya pacar.”

“Pengen punya pacar? Sama Dito gih....”

“Kak Dito?? Nggak salah tuh??”

“Lah, emang kenapa?”

“Nggak kok, Kak Dito lumayan cakep juga....”

“Dasar anak kecil.....Dito bilang dia tuh suka sama elo.”

“Masa sih???”

Ardan tertawa ngeliat reaksi Gista begitu dikasih tau soal Dito. Cewek itu keliatan kegeeran.
“Malam ini....elo mau nemenin gue tidur?”

“Iih...Mas Ardan kok kayak anak kecil. Biasanya kalo aku masuk kamar, duduk di kasur aja nggak boleh.....eh....sekarang ngajakin aku tidur bareng, Mas Ardan lagi kenapa sih? Sakit ya? Aku bilang sama Ayah-Ibu ya, biar diperiksa dokter aja....”

“Nggak, gue nggak sakit. Gue juga nggak tau kenapa, tapi lagi pengen aja....Mau nggak?”

“Mau, mau, mau....”

Gista langsung mengambil posisi tidur yang paling PW. Sementara Ardan mengamati gerak-gerik adiknya itu sambil tersenyum kecil. Nanti malam jam 12 tepatnya, ia akan berusia 19 tahun. Hal yang paling ditunggunya malam itu adalah telpon dari Rianda, yang dengan suara khasnya akan mengucapkan Selamat Ulang Tahun.

Sementara itu, Rianda baru aja pulang dari acara Transylvania Cup sekitar jam 9 malam. Badannya pegel-pegel banget dan rasanya mata udah nggak bisa dibuka lagi. Makanya ia cepat-cepat membersihkan diri dan kemudian ia siap-siap tidur, soalnya besok harus bangun pagi dan mulai menghabiskan hari minggunya dengan mengerjakan tugas yang udah menumpuk banget.
Jam 12 malem....

Ardan memandangi handphonenya yang ada di tempat tidur sementara adiknya udah tertidur pulas dengan posisi meringkuk kedinginan karna AC. Dia sengaja nggak tidur karena menunggu telpon dari Rianda. Lagian besok juga hari minggu, jadi bangun agak siangan nggak jadi masalah, toh dia juga palingan cuma jalan ke mal bentar buat ntarktir Rianda, Aninta sama Dito, selebihnya dia bakalan di rumah terus.

Udah lewat lima menit, tapi Ardan masih menuggunya. Dia bener-bener menaruh harapan besar sama Rianda. Lima belas menit pun dilaluinya dengan melamun, dan tiba-tiba handphonenya berbunyi. Ardan langsung mengangkatnya tanpa memperhatikan tulisan di layarnya dulu.

“Happy Birthday Ardan.....” ujar Dito. Ternyata itu bukan telpon dari Rianda. Ardan pun langsung lemes seketika. “Pasti gue jadi orang kedua lagi yang ngucapin selamat ke elo. Ya nggak? Kenapa sih gue selalu keduluan terus sama Rianda. Tuh anak sengaja nggak tidur cuma buat elo ya `Dan?”

“Nggak, lo jadi orang pertama malam ini. Rianda nggak nelpon gue juga sampe sekarang.”

“APA?? Yang bener lo? Tapi....mungkin dia ketiduran kali `Dan, kata lo kan dia lagi banyak kegiatan, mungkin besok pagi dia baru bisa telpon elo.”

“Mungkin.” Ardan berkata lemah.

Rianda telat ngucapin aja itu udah bikin dia kecewa, karena selama dia berulang tahun, Rianda selalu menelponnya jam 12 malam dan mengucapkan Happy Birhtday. Besok pagi? Itu mah udah nggak spesial, batin Ardan. Kemudian, mengikuti saran Dito, dia pun akhirnya bersiap-siap tidur. Berharap ketika dia bangun ada sesuatu yang akan membuatnya tersenyum.

***

Ardan akhirnya merayakan ultahnya itu dengan mengajak makan Aninta dan Dito. Cowok itu kaget banget waktu Ardan menceritakan hubungannya dengan Aninta yang sekarang udah resmi pacaran. Awalnya Dito menganggap Ardan lagi bercanda, tapi melihat keseriusan di wajah Ardan, Dito langsung setengah percaya. Dito nggak bisa percaya sepenuhnya kalo Ardan suka sama Aninta, yang bener-bener baru dikenalnya beberapa minggu aja. Dari awal Dito selalu menganggap kalo Ardan tuh sukanya cuma sama Rianda.

Tapi wajah Ardan langsung berubah setiap Dito nggak sengaja melontarkan nama Rianda. Dito sadar kalo Ardan udah kecewa sama sikap Rianda. Dia pun hampir nggak mempercayainya kalo ternyata Rianda bisa-bisanya lupa sama hari ulang tahun Ardan, sahabatnya sendiri.

Hari udah hampir sore, Rianda yang masih terbenam di dalam tumpukkan PRnya tiba-tiba mengernyitkan dahinya.

“Ya ampun.....Bodohnya Rianda!!!” ujarnya memaki diri sendiri. “Ini hari kan Ardan ulang tahun. Bego....kenapa gue bisa lupa begini yah?”

Kemudian ia meraih handphonenya dan mulai memasukkan nomor Ardan. Telpon tersambung. Rianda menunggu telpon diangkat dengan perasaan deg-degan. Dia merasa bersalah banget udah lupa sama ultah sahabatnya sendiri, dan dia yakin Ardan pasti marah dan kecewa banget sama sikapnya itu. Lama Rianda menunggu, akhirnya telpon itu diangkat juga. Nggak ada suara yang terdengar, makanya Rianda memberanikan diri untuk membuka percakapan.

“A, Ardan ya?” tanyanya takut-takut.

“Kenapa?” suaranya jutek banget. Di belakangnya terdengar suara bising khas mall.

“Ha, Happy Birhtday ya....” suara Rianda kagok soalnya dia tau nada bicara Ardan hari itu beda kayak biasanya. Cowok itu sedang menahan kekesalan terhadap dirinya.

“O,iya. Gue ulang tahun ya?!!”

“Sory `Dan....gue semalem ketiduran, soalnya gue capek banget. Abis Transylvania Cup. Elo...marah ya sama gue?”

“Kalo gue nggak marah, itu namanya gue bohong sama diri gue sendiri.”

“Sory `Dan, gue bener-bener minta maaf banget sama elo. Elo mau maafin gue?”

Rianda mendengar Ardan mendengus. “Gue udah kecewa sama elo, tapi....gue juga nggak bisa nggak maafin elo. Nggak tau kenapa, gue emang harus maafin elo. Yah...walaupun nggak gampang untuk ngelupain kalo elo udah ngecewain gue.”

“Ardan....”

“Rian, elo bisa ke mall nggak? Gue mau ntraktir elo makan nih, sekalian gue ngenalin elo ke pacar pertama gue. Dito juga ada di sini, dia juga pengen kan ketemu sama elo. Bisa kan?”

Rianda akhirnya menyanggupi permintaan Ardan. Dengan segera dia berangkat menuju mall yang dimaksud dan janjian untuk ketemuan di food court. Di sana Rianda dikenalin sama Aninta, yang merupakan pacar pertama Ardan. Entah kenapa ada perasaan aneh yang nggak bisa dijelaskan saat Rianda berkenalan dengan Aninta.

Sedangkan Dito keliatan seneng banget bisa kangen-kangenan sama Rianda, yang emang udah jarang banget ngumpul bareng mereka sejak mereka masuk SMU.

Setelah agak malem, keempat anak itu pulang. Rianda yang bawa mobil sendiri, berpisah dengan tiga anak yang lain di tempat parkir. Dito, Ardan dan Aninta naik mobil Dito.

Selama perjalanan pulang, Rianda agak gelisah. Dia masih merasa kalo Ardan nggak sepenuhnya udah maafin dia, walaupun tadi selama bareng-bareng Ardan masih mau ketawa dan bicara sama dia. Tapi....ah, mungkin itu cuma pikiran gue aja kali, batin Rianda.

***

“Kamu mau ke mana `Dan?” tanya ibunya ketika melihat Ardan mengeluarkan motornya tengah malem. “Udah malem gini masih mau pergi?”

“Aku nggak enak sama anak-anak motor, udah janji kalo ultah mau ngumpul-ngumpul sama mereka. Kan aku udah lama nggak ke sana lagi.”

“Besok kamu kan sekolah, ntar kalo besok sakit gimana?”

“Ya enggaklah, aku udah biasa kayak gini.”

“Ya udah. Hati-hati di jalan aja ya.”

Ardan pun langsung melaju menuju daerah tongkrongan anak-anak motornya di daerah Jakarta Selatan. Mereka semua keliatan seneng banget dengan kedatangan Ardan yang udah lama banget nggak pernah ngumpul.

“Udah tambah tua nih sekarang,” ledek Broto, salah satu mekanik motor-motor mereka, sambil mengutak-atik motor di depannya. Ardan tertawa.

“Ngerakit yang baru lagi?”

“Iya nih, buat diturunin minggu depan, tapi mesti di tes dulu.”

“Siapa yang ngetes?”

“Tau, belom ada orangnya.”

“Gue aja deh.” Ardan menawarkan diri.

“Lo yakin? Ini masih agak-agak bahaya sih, tapi....”

“Jangan sampe ntar gue berubah pikiran.”

Broto tertawa sebentar kemudian kembali konsen dengan pekerjaannya. Sementara Ardan menunggu, dia bercanda-canda dengan anak-anak yang lain. Setengah jam selanjutnya, Ardan udah bersiap di garis start dengan motor tersebut.

Semuanya udah siap dan begitu aba-aba mulai dibunyikan, semua motor itu melaju dengan kencangnya. Bising banget, tapi buat mereka itu adalah hal yang biasa. Sebagian motor yang nggak ikut ngebut kebagian menjaga setiap ada per-empatan untuk mencegah adanya motor tak dikenal melintasi daerah ‘sirkuit’ dadakan mereka.

Ardan menikmati angin malam dari motornya. Dia merasa suatu kenikmatan yang udah jarang dia rasain. Kalo dulu hampir tiap minggu dia bisa menikmati itu, tapi setahun belakangan emang dia jarang banget.

Seseorang berteriak ke arah Ardan untuk menambah kecepatan motor. Dan Ardan mengikuti saran itu. Dia menarik kopling dan menekan perseneling. Ardan pun merasakan motornya semakin cepat melaju, tapi tiba-tiba Ardan merasakan sesuatu yang aneh pada motor yang dikendarainya itu. Ketika Ardan mau memperlambat laju motornya, ia sudah terlambat. Motor itu oleng dan kemudian langsung meleset begitu saja, membuat Ardan terlempar beberapa meter, sementara motor itu terus bergesekan dengan aspal.

Semua langsung berhenti. Sebagian orang menghampiri Ardan yang udah terkapar penuh darah. Sebagian lagi berusaha untuk menghubungi ambulance.

“Lo nggak apa-apa `Dan?” tanya seseorang dari kerumunan itu.

“Nggak. Gue nggak apa-apa. Motornya coba di cek ulang, ada yang nggak beres,” Ardan masih sempet-sempetnya memikirkan motor sementara tubuhnya sendiri udah lunglai tak berdaya.

Beberapa saat kemudian ambulance dateng. Ardan pun segera dilarikan ke rumah sakit. Broto langsung menghubungi Dito, temen baiknya Ardan. Dia kenal Dito soalnya anak itu pernah diajak ke bengkelnya Broto.

Rianda tiba-tiba merasakan napasnya sesak. Gelas yang ada di tangannya terjatuh tanpa ia sadari. Andari, kakaknya yang emang belum tidur, langsung panik dan menghampirirnya. Akhirnya karena Rianda nggak bisa tidur juga, dia pun memutuskan untuk ngobrol-ngobrol sama Andari di ruang keluarga.

No comments:

Post a Comment