Friday, September 25, 2009

Sayonara bag 1

By : Clara

Ardan duduk termenung di meja belajarnya. Beberapa buku pelajaran terbuka lebar di hadapannya, tapi ia sama sekali tidak sedang membacanya. Matanya memandangi foto yang berdiri tegak di sudut meja. Foto itu diambil ketika dia lulus dari SMP, bersama dengan seorang cewek berambut panjang, kira-kira dua tahun yang lalu. Cewek itu tersenyum manis sambil merangkul Ardan, sementara tangan kanannya memamerkan surat tanda kelulusan. Namanya Rianda.

Cewek ini adalah sahabat Ardan sejak kecil. Ketemu pertama kali waktu di TK dan sejak itu Ardan selalu mendampingi kemana pun Rianda pergi. Soalnya waktu kecil, Rianda itu suka banget diganggu sama anak-anak bandel yang sering ngumpul di gang deket sekolahnya. Walaupun Ardan waktu itu belum bisa berantem, paling enggak dia bisa bantu teriak-teriak kalo udah kepepet.

Setelah beranjak remaja, Ardan jadi cowok yang lumayan sering berantem. Banyak yang mencap dia sebagai tukang berkelahi, padahal itu nggak bener. Dia berantem kalo udah bener-bener kepepet aja. Lagipula, biarpun suka berkelahi, Ardan bisa dibilang cowok yang manis, ramah dan suka bercanda, walaupun kadang emosinya nggak bisa terkontrol. Makanya waktu SMP Ardan cuma punya dua temen baik, Rianda dan Dito, yang sampe sekarang menjadi temen deketnya di SMU. Kecuali Rianda. Soalnya ketika masuk SMU, Ardan nggak sanggup masuk SMU negri yang sama kayak Rianda karena NEM-nya jauh di bawah Rianda.

Awalnya mereka masih mampu membagi waktu untuk saling ketemu di rumah salah satu dari mereka. Biasanya mereka ketemu seminggu sekali. Berbeda dengan sekarang. Setelah Rianda sibuk dengan urusan sekolahnya, waktu ketemu dengan Ardan semakin jarang. Bahkan hampir nggak pernah lagi. Terutama dua bulan belakangan ini. Hal ini yang ngebuat Ardan menjadi kelimpungan. Dia udah berusaha untuk menghubungi Rianda, tapi hasilnya nihil. Otomatis Ardan cuma bisa menunggu Rianda sendiri yang menghubunginya.

Tok...tok...tok...

Suara itu mengagetkan Ardan yang sedang melamun hingga akhirnya ia tersentak kaget. Belum juga disuruh masuk, tiba-tiba pintu terbuka dan munculah seorang cewek mengenakan kaos dan celana pendek. Kulitnya putih, matanya bulat, pendek dan rambutnya dikuncir samping. Dari wajahnya bisa dilihat kalo dia adalah adiknya Ardan. Namanya Gista dan masih duduk di kelas 3 SMP.

“Mas, makan malem `dah siap tuh,” ujarnya sambil bersender di pintu.

“Hmm...” Ardan berpura-pura sibuk sama buku Sejarahnya, padahal jelas-jelas dia tau kalo besok nggak ada pelajaran sejarah sama sekali.

“Emang lagi sibuk banget ya?” Gista mendekati Ardan dan mencoba melihat apa yang dikerjakan kakak satu-satunya itu.

Ardan langsung menutup bukunya dan nyengir ke arah adiknya itu. Gista memicingkan matanya. Seolah-olah nggak peduli, Ardan malah merapihkan buku-buku yang asal berserakan itu dan kemudian menarik tangan Gista untuk keluar dari kamarnya.

***

Malam itu Ardan nggak bisa tidur. Entah kenapa seharian itu dia kepikiran terus sama Rianda. Baru disadari, betapa rindunya Ardan akan sahabatnya yang satu itu. Perasaan yang sama pun juga dirasakan Rianda, malam itu. Dia merasa bersalah karena selama beberapa minggu belakangan ini nggak pernah menghubungi Ardan.

Rianda mengatur posisi duduknya di tempat tidur sementara menunggu telpon disambungkan dengan orang di seberang sana.

“Ardan!” seru Rianda begitu mendengar suara cowok di sebelah sana. “Ini Rian.”

“Rian?! Hai....apa kabar lo?” tanya Ardan dengan nada penuh kerinduan. “Akhirnya bisa nelpon gue juga. Sibuk apa sih? sampe kayak tiba-tiba ilang dari hidup gue.”

“Ngawur banget sih ngomongnya. Gue lagi sibuk latian dance terus nih, soalnya bentar lagi ada Transylvania Cup. Sekolah gue ikutan, sekolah lo ikutan nggak? Kalo nggak dance, basket atau sepak bolanya kek, biar kita bisa ketemuan di sana.”

“Kayaknya enggak deh, soalnya kalo ikutan gue pasti ngeliat anak-anaknya pada latihan. Ngomong-ngomong, kapan nih mau main ke rumah gue lagi? Gista sempet beberapa kali nanyain elo. Dia kira kita udah ‘pisah’.....dasar anak SMP.”

“Hehehehe....gue masih belom tau nih....susah juga ya kalo beda sekolah, apalagi kita kebiasaan main bareng sama Dito juga. Tapi lo enak Dito masih sama elo, gue? Waktu masuk sini kan bener-bener seorang diri.”

“Makanya jangan masuk negri.”

“Makanya elo rajin belajar biar bisa nyaingin nilai gue, terus nemenin gue masuk sekolah yang terkenal.”

“Dasar, nggak mau ngalah....”

Rianda nyengir dikatain begitu. Dia emang anak yang keras kepala dan susah untuk ngalah. Tapi dibalik itu semua, Rianda adalah seorang yang sabar, tenang dan mudah bergaul. Makanya Ardan yakin kalo Rianda nggak bakalan kesulitan menemukan temen baru di SMU.

***

Pagi itu SMU Au Revoir, sekolah Ardan kedatangan seorang murid baru. Seorang cewek. Dia emang nggak sekelas sama Ardan, tapi kelasnya ada di sebelah kelas Ardan. Namanya Aninta. Orangnya mungil banget, tampangnya manis, kulitnya putih dan rambutnya agak ikal.

Kehadirannya nggak cukup menghebohkan soalnya masih banyak cewek yang lebih cantik dari dia. Yah....paling enggak begitulah menurut pendapat anak-anak Au Revoir, yang emang terkenal dengan cewek-ceweknya yang cantik dan juga tajir.

Waktu istirahat, Ardan nggak sengaja ngelewatin kelasnya Aninta. Sepi. Hampir semua anak di dalam kelas itu keluar untuk jajan. Soalnya buat anak-anak Au Revoir hari gini nggak jaman kalo harus bawa bekal makanan dari rumah, toh di kantin mereka semuanya udah tersedia.

Sayangnya harga makanan di kantin bisa dibilang cukup mahal, terutama buat seorang Aninta. Makanya, di saat yang lain ada di luar, cewek itu malahan duduk anteng di kursinya di dalam kelas. Sendirian.

Diperhatikannya cewek itu dari balik jendela. Aninta keliatan asik dengan bekal yang dibawanya. Ardan termangu di tempatnya untuk beberapa saat sebelum akhirnya ia putuskan untuk pergi ke kantin karena tuntutan perutnya yang kelaparan. Tepat saat itu Aninta menoleh, dan ia mengantar kepergian cowok itu dengan lirikan matanya dan wajah yang penasaran.

Siang itu terik banget. Tapi itu bukan masalah besar buat anak SMU Au Revoir, soalnya mayoritas dari mereka sudah membawa mobil dan sebagian dijemput sama sopirnya. Walaupun ada beberapa dari mereka yang juga hanya membawa motor. Ardan salah satunya. Dia sih nggak demen bawa mobil soalnya dia itu paling suka sama motor. Liat aja motor Ninja-nya yang selalu mengkilap. Itu menandakan kalo dia sering banget ngelapin tuh motor. Saking sayangnya sama Ninja-nya itu, dia rela nyuci motor itu sendiri.

Beda sama Dito, temen sekelasnya yang paling demen sama mobil. Buat Dito mobil itu pelengkap seorang cowok kalo mau ngecengin cewek cantik nan bohai. Maklum, Dito itu termasuk cowok yang malang yang sering banget ditolak sama cewek. Bukan karena Dito anak berandalan, tapi karena cewek yang Dito incer selalu yang udah punya gandengan, bahkan lebih tajir dari dia.
Ardan mulai menstarter motornya. Sambil sesekali menggeber gas motornya, dia memakai jaket dan helm. Tapi tiba-tiba ia melepaskan helmnya lagi begitu pandangan matanya jatuh ke seorang cewek yang sedang berjalan sendirian ke arah jalan belakang, jalan kecil yang juga sebenernya merupakan rute pulangnya Ardan. Cewek itu adalah Aninta. Tas selempangnya keliatan berat sekali di badannya yang kecil.

Cowok itu hanya menatap Aninta dari motornya sampai akhirnya Aninta keluar dari gerbang sekolah dan berbelok di tikungan.

“Bengong aja lo!” seru Jason, salah seorang temen sekelasnya yang juga sama-sama bawa motor. “Ngeliatin apa sih? Setan? Mana ada setan tengah hari bolong kayak gini.”

Ardan hanya tersenyum kecil sambil mengenakan kembali helmnya. Kemudian ia menepuk pundak Jason. “Gue duluan yah. Buru-buru.”

“Buru-buru tapi kok sempet bengong,” ujar Jason pada dirinya sendiri karena Ardan telah berbelok di tikungan depan.

***

Selain Rianda, orang yang paling sering mengganggu ketenangan Ardan berisitirahat di rumah adalah Dito. Sayangnya setelah beberapa bulan absen mengganggu Ardan, kini dia hadir lagi ke tengah-tengah kamar Ardan yang nggak terlalu luas itu.

“Gila, udah lama nggak main ternyata kamar lo udah banyak dirombak yah?” kata Dito sambil mengamati sekeliling ruangan bernuansa abu-abu itu. Di dindingnya tertempel beberapa poster band-band rock yang cukup ternama. Di seberang tempat tidurnya ada televisi dan meja belajar.
“Nggak banyak kok, cuma ditambah tv aja.”

“Ng....ngomong-ngomong, tadi itu cewek yang pake kaos pink itu siapa?”

“Hah? Lo lupa ingetan ya? Cuma setaon nggak pernah ketemu sama adek gue aja langsung keder sama dia yang sekarang. Itu Gista. Anak yang dulunya lo bilang culun.”

“Gista?? Astaganaga.....mimpi apa gue semalem, setaon nggak ketemu, adek lo jadi tambah manis aja. Salah kalo gue bilang dia culun. Ternyata....”

“Apa? Awas lo macem-macem sama adek gue, gue jadiin bacem lo!!”

“Tenang donk.....eh iya, suruh Rianda ke sini donk, gue dah lama banget kan nggak ketemu sama dia. Gimana kabar tuh anak sih?”

“Sibuk.”

“Jangan sewot donk....gue tau lo pasti nggak pengen Rianda jauh dari lo kan makanya lo nggak suka kalo dia sibuk sama ekskulnya?”

Ardan mencibir. “Ngaco!!”

“Lo masih sering ngumpul sama anak-anak motor lo?”

“Kenapa? Ng....belakangan sih agak jarang. Nggak tau mungkin ntar-ntar kali yah, gue lagi nggak ada mood ngetrack.”

“Mau ngebut aja kudu ada moodnya,” ujar Dito sambil menyalakan PS sementara Ardan mengganti seragam OSISnya dengan kaos putih polos. Setelah itu keduanya sibuk main game, padahal tadinya mau ngerjain tugas, tapi namanya juga anak cowok, yang penting seneng dulu. Alhasil mereka kelabakan waktu jam udah menunjukkan pukul tujuh malam.

No comments:

Post a Comment