Friday, September 25, 2009

Sayonara bag 2

Dito lagi jatuh cinta!! Liat aja tampangnya yang senyam-senyum sendiri. Ke kantin sambil senyum, ke toilet juga senyum, bahkan sewaktu dia mendapat angka merah untuk nilai Akuntansinya, dia tetep tersenyum. Aneh? Nggak juga sih, soalnya si Dito ini kalo lagi jatuh cinta emang suka gitu. Sampe ada satu temen kelasnya yang berpendapat kalo otaknya Dito hari itu sedang dipenuhi dengan berbagai adegan mesum.

Ardan, yang emang duduk sama Dito jadi pusing ngeliat perbedaan temennya hari itu, tapi ketika ditanya kenapa, Dito hanya menjawab, “Semua karena cinta.” Alhasil Ardan jadi merinding untuk nanya-nanya lagi. Tapi Ardan penasaran banget sama cewek yang ditaksir Dito kali ini. Kayak apa sih cewek itu sampe ngebuat Dito kleper-kleper kayak ikan yang ditaro di daratan.

Awalnya Dito nggak mau nagsih tau siapa orangnya, tapi ngeliat kegigihan Ardan yang terus mencari tau dengan mencoba menyebutkan nama beberapa cewek yang dikiranya sesuai dengan selera Dito –dimana cewek itu kudu punya bodi bohai bak gitar spanyol, muka mulus, tajir dan hidung mancung kayak Julia Roberts, terserah mau alamiah atau hasil operasi- yang ternyata nggak ada satu pun yang betul. Maka dari itulah akhirnya Dito luluh juga dan mau ngasih tau siapa cewek itu.

“Kalo gue kasih tau, elo janji untuk jangan kasih tau siapa-siapa dulu. Gue nggak mau berita ini kesebar terus gue jadi ditanyain sama orang-orang soal kebenerannya.....”

“Berisik lo, jadi intinya cewek itu namanya siapa?”

Dito memberi tanda ke Ardan untuk mendekat. Ardan pun menurut. Lima detik kemudian, wajahnya langsung dilanda kepanikkan.

“Apa?? Gista??? Adek gue satu-satunya akhirnya digebet cuma sama elo??”

“Maksud lo? Gue aja baru nyadarnya tuh tadi malem, kalo ternyata selama ini orang yang gue idam-idamkan itu adalah Gista. Bisikan hati gue ternyata menuju ke arah Gista. Gimana donk? Namanya juga cinta, kita kan nggak bisa menghindari datangnya cinta....”

“Sok puitis lo. Basi tau!!”

“Ya udah, gini aja deh bro. Gue nggak minta macem-macem ama elo, gue cuma pengen elo ngerestuin hubungan gue ama adek lo, kalo udah lo restuin gue kan bisa pedekate dengan tenang. Bisa kan? Plis....demi temanmu yang selalu melajang ini.....”

Ardan menoyor kepala Dito dan meninggalkannya sendirian di kantin, sementara dia sendiri, langsung balik ke kelas. Gila juga si Dito berani ngegebet Gista, padahal dulunya dia bilang kalo Gista itu culun karena kaca matanya, tapi semenjak beberapa bulan terakhir ini Gista mencoba memakai kontak lens, penampilannya pun jadi berubah.

Bruk....

Tiba-tiba dia menabrak seorang cewek yang keliatannya emang lagi buru-buru.

“Sory, Na.”

“Ardan!!Elo tuh kalo jalan jangan bengong, liat ke depan donk. Ntar kalo lagi jalan di jalan raya lo bisa dicium mobil, mending kalo Mercy, kalo yang nyium bajaj, rugi berat lo.” Protes Nasya, temen sekelasnya yang agak-agak cerewet. Ardan cuma nyengir sebelum akhirnya Nasya pergi sambil tertawa. Nasya orangnya nggak gampang marah, jadi biarpun tadi dia nyerocos kayak lagi ngomel, tapi sebenernya dia itu orangnya ramah dan seneng bercanda.

Begitu Nasya menjauh, Ardan mendapati Aninta yang lagi menyender di sebuah balkon sedang memperhatikannya, tapi langsung memalingkan muka ketika Ardan tersenyum padanya. Cowok itu menarik napas sebelum akhirnya dia mendekati Aninta.

“Hai,” sapa Ardan sambil ikut bersender di balkon.

“Ng...hai juga.”

“Gue boleh kenalan nggak? Nama lo siapa sih?”

“Ooo, gue Aninta. Biasa dipanggil Ninta.”

“Ninta? Yang buat nulis itu yah?”

Aninta tertawa kecil. “Itu Tinta.....ngomong-ngomong nama lo siapa?”

“Ardan. Biasanya anak-anak manggil gue kayak gitu.”

“Emang nama aslinya siapa?”

“Ardan.”

Aninta keliatan bingung, tapi akhirnya dia hanya mengangguk. Dalam hati Aninta bersyukur karena pada hari keduanya di sekolah elit itu ia bisa juga mendapatkan seorang teman. Pada awalnya dia takut nggak bisa bergaul dengan anak-anak yang rata-rata borju semua itu. Dia mengira semua orang di sekolah itu nggak akan mau bergaul dengan dirinya yang hanya seorang anak yatim piatu dan bisa masuk sekolah itu karena orangtua asuhnya yang akan menanggung semua biaya sekolahnya sampe ia kuliah nanti.

Bisa dibilang Aninta adalah anak yang paling beruntung diantara temen-temennya yang ada di asrama, karena cuma dia yang mendapat orangtua asuh yang kaya raya sehingga bisa sekolah di SMU Au Revoir. Walaupun mendapat santunan biaya sekolah, tapi Aninta nggak tinggal satu rumah dengan orang tua asuhnya itu. Mereka bertemu cuma seminggu sekali untuk jalan-jalan.

***

Sudah seminggu ini Ardan jadi deket sama Aninta. Mereka sering ke kantin bareng atau ngerjain PR bareng. Kedekatan Ardan dan Aninta agak membuat Dito kesel, soalnya Dito serasa dilupakan. Padahal sih Ardan enggak ada maksud kayak gitu. Ardan tuh bukan tipikal orang yang gampang ngelupain temen lamanya, cuma mungkin kali ini dia lagi ngerasa betah aja deket-deket sama Aninta.

“Ninta....” panggil Ardan. Cewek itu menghentikan langkahnya dan menoleh ke asal suara. “Pulang bareng gue yuk.”

“Ng....nggak usah `Dan, gue udah biasa kok jalan kaki. Lagian nanti gue juga naik bis.”

“Kenapa? Apa karena gue cuma bawa motor sementara yang lain bawa mobil??”

“Bukan....bukan karna itu, tapi....”

Aninta terdiam sejenak. Dia berpikir keras apakah dia harus memberi tahu Ardan tentang dirinya? Dia nggak mau Ardan ngejauhin dirinya cuman gara-gara status anak asrama yang nggak punya apa-apa. Tapi....

“Elo cerita aja sama gue, ada apa. Gue nggak sama kayak anak-anak yang lain, yang kalo temenan musti liat apa dia anak orang kaya atau bukan. Lagian gue sendiri juga bukan orang kaya, terus ngapain gue harus milih temen.”

Cewek itu keliatan mau ngucapin sesuatu tapi dipotong sama ajakan Ardan untuk naik motornya dan mencari tempat yang enak buat ngobrol. Aninta nggak bisa menolak lagi, dan akhirnya dia udah duduk di motor di belakang Ardan.

Mereka berhenti di sebuah taman perumahan yang nggak jauh dari rumah Ardan. Taman itu sering didatenginnya bareng Rianda waktu kecil buat main bareng di sana. Tempatnya enak, banyak pohon yang bikin suasana jadi teduh dan juga banyak berbagai macam permainan untuk anak-anak.

Suasana siang itu masih agak sepi, soalnya anak-anak kecil yang suka main di situ pastinya lagi asik tidur di rumah masing-masing dan baru keluar ditemenin sama pembantunya yang sekalian mejeng diantara abang-abang, kalo udah sore.

Ardan dan Aninta duduk di dalam gazebo yang letaknya di tengah taman itu.

“Gue beda sama anak-anak Au Revoir yang lain. Gue bukan orang kaya. Gue juga udah nggak punya orangtua lagi. Sekarang gue tinggal di asrama soalnya sodara gue semuanya di luar kota, dan rata-rata dari mereka juga nggak mampu. Jadi daripada gue jadi beban mereka mending gue tetep di Jakarta dan nyari tempat tinggal yang layak buat gue. Untungnya gue bisa tinggal di asrama. Setaon yang lalu gue sempet disekolahin ke SMU negri yang kualitasnya nggak bagus. Gue nggak bisa berbuat apa-apa, toh itu pun gue juga dibayarin. Sampe akhirnya beberapa bulan yang lalu ada orangtua yang pengen ngadopsi anak kecil. Tapi nggak tau kenapa, mereka akhirnya mau jadi orangtua asuh gue, padahal mereka udah dapetin anak angkat.

Mereka orang kaya. Dan atas bantuan mereka juga akhirnya gue bisa sekolah di Au Revoir, bener-bener di luar dugaan dan bayangan gue. Temen-temen satu kelas gue tau kalo gue anak asuh, soalnya guru yang waktu itu nganterin gue ke kelas 11.4 bilang sama anak-anak satu kelas kalo gue itu anak asuh yang bisa masuk ke sekolah itu atas bantuan orang lain. Makanya gue menutup diri sama mereka, karna gue takut anak-anak pada ngejelek-jelekin gue. Dan karna itu juga sebenernya gue takut ngasih tau ke elo, gue takut elo bakal nggak mau temenan lagi sama gue.”

“Lo salah Nin. Gue bukan orang yang kayak gitu. Gue nggak peduli lo anak siapa, gimana cara bisa masuk Au Revoir, atau punya uang berapa. Itu nggak penting.”

Aninta menarik napas lega. “Syukur deh.”

“Sebenernya gue udah merhatiin elo dari awal,” ujar Ardan sambil membetulkan posisi duduknya. Sekarang kedua tangannya dimasukkan ke dalam saku celana, sementara ia bersender pada sebuah bangku dan kaki kanannya diangkat. Aninta terperanjat. “Awalnya gue cuma bingung kenapa elo sendirian, padahal gue nggak pernah liat ada anak baru yang sekolah di Au Revoir yang sendirian pas istirahat apalagi pulang jalan kaki.”

“Tapi sekarang elo nggak bingung lagi kan?”

“Yah....tapi gue yakin, kalo elo coba untuk terbuka sama mereka, nggak mikirin status lo, mungkin aja mereka masih ada yang mau main sama elo. Gue....dulunya orang yang tertutup banget. Semua itu karna gue dapet cap sebagai anak yang suka berantem. Tapi gue sadar, gue nggak bisa begitu selamanya. Gue nggak mau cuma punya dua temen seumur hidup gue. Jadi gue berubah.

Gue berusaha untuk jadi orang yang lebih ramah dan yang penting terbuka sama orang lain, nggak peduli mereka tau masa lalu gue atau enggak. Tadinya gue juga sempet pesimis, tapi setelah gue coba.....gue berhasil. Sekarang gue nggak kayak dulu lagi. Gue sekarang lebih terbuka sama orang, makanya temen gue cukup banyak dibanding waktu gue SMP.”

“Apa di SMP lo nggak punya temen sama sekali?”

Ardan menggelengkan kepala kuat-kuat. “Nggak. Gue punya dua sahabat sekarang. Yang satu sahabat dari kecil. Yang satu lagi Dito. Mereka yang ngebuka mata gue.”

“Sahabat dari kecil? Cewek apa cowok?”

Ardan tertawa kecil. “Cewek, namanya Rianda. Sampe sekarang kita masih sahabatan, cuma jarang contact aja. Maklum dia lagi sibuk berat sama urusan ekskulnya. Tapi gue percaya dia bisa jaga dirinya.”

“Oooo...” Aninta mengangguk sambil senyum-senyum. Ada satu hal yang bisa dia ambil dari percakapan panjangnya dengan Ardan siang itu. Keyakinan diri untuk berubah. Mungkin selama ini Aninta terlalu takut akan diejek dengan statusnya itu, karena itu ia bertekad mulai besok nggak akan pernah memikirkan soal statusnya lagi. Dia bakal berusaha untuk bisa membuka diri.

“Nin....” panggil Ardan perlahan tanpa menatap wajah cewek di sebelahnya. “Gue liat lo anaknya baik, kalo.....gue minta lo jadi pacar gue mau nggak?”

Aninta tercengang. Dalam hati, Ardan pun bingung dengan apa yang sudah ia ucapkan. Kenapa dia bisa melontarkan pernyataan sulit semacam itu dengan mudahnya.

“Elo...elo serius `Dan?”

Ardan mengangguk pelan. “Elo mau nggak?”

No comments:

Post a Comment